Setelah
penyaringan awal, analis akan mempunyai data prospek yang jauh lebih pendek.
Daftar ini mungkin dapat dipersingkat lebih lanjut dengan penyaringan kedua
berdasarkan kekuatan keuangan dan ekonoomi. Tren dalam tingkat inflasi, nilai
tukar, dan tingkat suku bunga merupakan beberapa perhatian utama dibidang
keuangan. Analis hendaknya memperhatikan faktor-faktor keuangan lainnya,
seperti ketersediaan persediaan, kebiasaan membayar konsumen, dan tingkat
pengembalian dari investasi yang serupa. Sebaiknya diperhatikan bahwa
penyaringan ini bukanlah merupakan analisis keuangan yang lengkap. Analisis
keuangan yang lengkap akan dilakukan kemudian jika analisis dan penilaian pasar
mengungkapkan bahwa suatu negara memiliki potensi yang memadai untuk penanaman
modal.
Data
ekonomi dapat digunakan dengan sejumlah cara, tetapi dua ukuran permintaan
pasar yang didasarkan pada data-data tersebt adalah sangat berguna. Kedua
ukuran tersebut adalah indikator pasar dan faktor pasar. Metode-metode lainnya
untuk mengestimasikan permintaan bergantung pada data ekonomi adalah analisis
tren dan analisis kelompok.
1.
Indikator
Pasar
Indikator
pasar (market indicator) adalah
data-data ekonomi yang berfungsi sebagai tolok ukur untuk mengukur kekuatan
relatif dari pasar di berbagai wilayah geografis. Contoh yang terkenal dari
Amerika adalah Buying Power Index
(Indek Daya Beli) yang diterbitkan dalam “Survey
of Buying Power” (Survei Daya Beli)
tahunan oleh Sales dan Marketing Management. Tujuan dari indeks ini
adalah memungkinkan para pemasar untuk membandingkan daya beli relatif dari
daerah dan kota-kota di Amerika Serikat.
2.
Faktor
Pasar
Faktor
Pasar (market factor) adalah serupa
dengan indikator pasar hanya faktor pasar cenderung memiliki korelasi yang
tinggi dengan permintaan pasar untuk suatu produk tertentu. Jika seorang analis
dari suatu pasar luar negeri tidak mempunyai faktor untuk pasar tersebut, ia
biasanya dapat menggunakan salah satu faktor dari pasar domestik untuk
memperoleh perkiraan yang mendekati. Lebih lanjut lagi, seorang analis yang
bekerja untuk perusahaan multinasional mungkin dapat memperoleh faktor-faktor
pasar yang dikembangkan oleh anak perusahaan yang sebanding. Agar dapat
mentransfer hubungan ini ke negara yang sedang dikaji, analis tersebut harus
mengasumsikan bahwa kondisi-kondisi dasar yang mempengaruhi permintaan adalah
serupa didalam pasar tersebut.
3.
Analisis
Tren
Analisis
tren adalah teknik statistik dengan mana observasi berikutnya dari suatu
variabel dengan interval waktu yang teratur dianalisis untuk memperoleh pola
teratur yang digunakan untuk memprediksi nilai masa depan. Ketika tingkat
pertumbuhan historis baik dari variabel-variabel ekonomi yang bersangkutan atau
dari impor suatu produk diketahui, maka pertumbuhan masa depan yang diprediksi
dengan menggunakan analisis tren (trend
analysis). Suatu rangkaian waktu (time
series) dapat disusun dengan cara yang serupa yaitu menggunakan model regresi,
atau rata-rata aritmetik dari tingkat pertumbuhan masa lalu dapat diaplikasikan
terhadap data historis.
4.
Analisis
Kolompok dan Teknik-teknik Multivariasi Lainnya
Analisis
kelompok adalah teknik statistik yang membagi objek ke dalam kelompok-kelompok
sehingga objek dalam setiap kelompok adalah serupa. Ketika perusahaan
multinasional melakukan ekspansi ke lebih banyak pasar, para manager diseluruh
bidang fungsional mencari cara untuk mengelompokkan negara-negara dan
wilayah-wilayah geografis berdasarkan karakteristik umum untuk menyederhanakan
pengendaliannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar