Jika
suatu perusahaan ingin melakukan pengembangan dengan menuju kepada
internasional, maka salah satu langkah yang harus dilakukan adalah dengan
menilai dan menganalisis pasar internasional. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan
suatu informasi yang akurat agar perusahaan bisa benar-benar mencapai
tujuannya, yaitu bisa menembus pasar internasional. Tentunya untuk mencapai
target tidaklah mudah. Kemudian harus mengikuti suatu langkah-langkah atau
tahapan tertentu agar tujuan dari perusahaan tersebut bisa terwujud.
Terdapat juga faktor-faktor yang harus
diperhatikan dalam menganalisis pasar internasional. Diantaranya harus
memperhatikan tentang bagaimana politik dan hukum dinegara yang bersangkutan,
selain itu terdapat pula faktor sosiokultural, yaitu harus menyesuaikan dengan
kebiasaan atau kebudayaan disuatu daerah atau negara yang dijadikan objek
analisis. Para analis juga harus mengetahui informasi mengenai ekspor impor
disuatu negara. Dan masih ada beberapa lagi yang perlu diperhatikan dalam
menganalisis pasar.
Penyaringan
pasar adalah metode analisis dan penilaian pasar yang memungkinkan manajemen
untuk mengidentifikasi sejumlah kecil pasar yang diinginkan dengan
mengeliminasi pasar-pasar kurang menarik. Hal ini dilakukan dengan memasukkan
pasar-pasar tersebut dalam serangkaian proses penyaringan pasar berdasarkan
kekuatan-kekuatan lingkungan yang dibahas pada bagian III.
Walaupun
kekuatan-kekuatan ini dapat diletakkan dalam urutan apapun, pengaturan yang
disajikan dalam figur dirancang untuk memulai dari analisis yang paling mudah
ke analisis yang paling sulit berdasarkan aksesibilitas dan subjektifitas.
Dengan cara ini hanya sesedikit mungkin kandidat yang tersisa untuk penyaringan
final dan paling sulit.
Figur: Seleksi pasar-pasar luar negeri:
Penyaringan awal
Potensi
Kebutuhan Dasar/Perdagangan dan Investasi Luar Negeri
Penyaringan Kedua
Kekuatan Ekonomi/Keuangan
|
Penyaringan Ketiga
Kekuatan Politik/Hukum Keuangan
Penyaringan Keempat
Kekuatan Sosio-Kultural dan Hukum dan Keuangan
Penyaringan Kelima
Kekuatan Kompetitif Ekonomi dan Keuangan
|
Seleksi Akhir
Keputusan
|
Akan dibahas dua jenis prosedur
penyaringan pasar. Prosedur pertama, yang dapat disebut sebagai penyaringan
negara (country screening), mengambil
negara sebagai unit analisis yang relevan. Prosedur kedua, yang dapat disebut
sebagai penyaringan segmen (segment
screening), didasarkan pada analisis subnasional atas kelompok pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar