Jangan terlalu lama berada dalam keadaan yang tidak membahagiakan. Beranikanlah diri mu untuk mengubah yang bisa kamu ubah sekarang.

Rabu, 12 September 2012

Analisis Pasar


Jika suatu perusahaan ingin melakukan pengembangan dengan menuju kepada internasional, maka salah satu langkah yang harus dilakukan adalah dengan menilai dan menganalisis pasar internasional. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan suatu informasi yang akurat agar perusahaan bisa benar-benar mencapai tujuannya, yaitu bisa menembus pasar internasional. Tentunya untuk mencapai target tidaklah mudah. Kemudian harus mengikuti suatu langkah-langkah atau tahapan tertentu agar tujuan dari perusahaan tersebut bisa terwujud.
Terdapat juga faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam menganalisis pasar internasional. Diantaranya harus memperhatikan tentang bagaimana politik dan hukum dinegara yang bersangkutan, selain itu terdapat pula faktor sosiokultural, yaitu harus menyesuaikan dengan kebiasaan atau kebudayaan disuatu daerah atau negara yang dijadikan objek analisis. Para analis juga harus mengetahui informasi mengenai ekspor impor disuatu negara. Dan masih ada beberapa lagi yang perlu diperhatikan dalam menganalisis pasar.

Penyaringan pasar adalah metode analisis dan penilaian pasar yang memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasi sejumlah kecil pasar yang diinginkan dengan mengeliminasi pasar-pasar kurang menarik. Hal ini dilakukan dengan memasukkan pasar-pasar tersebut dalam serangkaian proses penyaringan pasar berdasarkan kekuatan-kekuatan lingkungan yang dibahas pada bagian III.
Walaupun kekuatan-kekuatan ini dapat diletakkan dalam urutan apapun, pengaturan yang disajikan dalam figur dirancang untuk memulai dari analisis yang paling mudah ke analisis yang paling sulit berdasarkan aksesibilitas dan subjektifitas. Dengan cara ini hanya sesedikit mungkin kandidat yang tersisa untuk penyaringan final dan paling sulit.
Figur: Seleksi pasar-pasar luar negeri:

Penyaringan awal
Potensi Kebutuhan Dasar/Perdagangan dan Investasi Luar Negeri

Penyaringan Kedua
Kekuatan Ekonomi/Keuangan

Penyaringan Ketiga
Kekuatan Politik/Hukum Keuangan

Penyaringan Keempat
Kekuatan Sosio-Kultural dan Hukum dan Keuangan

Penyaringan Kelima
Kekuatan Kompetitif Ekonomi dan Keuangan

Seleksi Akhir
Keputusan


              Akan dibahas dua jenis prosedur penyaringan pasar. Prosedur pertama, yang dapat disebut sebagai penyaringan negara (country screening), mengambil negara sebagai unit analisis yang relevan. Prosedur kedua, yang dapat disebut sebagai penyaringan segmen (segment screening), didasarkan pada analisis subnasional atas kelompok pelanggan.


| Supported? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar