Jangan terlalu lama berada dalam keadaan yang tidak membahagiakan. Beranikanlah diri mu untuk mengubah yang bisa kamu ubah sekarang.

Jumat, 21 September 2012

Penyaringan Kedua - Kekuatan Keuangan dan Ekonomi

Setelah penyaringan awal, analis akan mempunyai data prospek yang jauh lebih pendek. Daftar ini mungkin dapat dipersingkat lebih lanjut dengan penyaringan kedua berdasarkan kekuatan keuangan dan ekonoomi. Tren dalam tingkat inflasi, nilai tukar, dan tingkat suku bunga merupakan beberapa perhatian utama dibidang keuangan. Analis hendaknya memperhatikan faktor-faktor keuangan lainnya, seperti ketersediaan persediaan, kebiasaan membayar konsumen, dan tingkat pengembalian dari investasi yang serupa. Sebaiknya diperhatikan bahwa penyaringan ini bukanlah merupakan analisis keuangan yang lengkap. Analisis keuangan yang lengkap akan dilakukan kemudian jika analisis dan penilaian pasar mengungkapkan bahwa suatu negara memiliki potensi yang memadai untuk penanaman modal.
Data ekonomi dapat digunakan dengan sejumlah cara, tetapi dua ukuran permintaan pasar yang didasarkan pada data-data tersebt adalah sangat berguna. Kedua ukuran tersebut adalah indikator pasar dan faktor pasar. Metode-metode lainnya untuk mengestimasikan permintaan bergantung pada data ekonomi adalah analisis tren dan analisis kelompok.
1.    Indikator Pasar
Indikator pasar (market indicator) adalah data-data ekonomi yang berfungsi sebagai tolok ukur untuk mengukur kekuatan relatif dari pasar di berbagai wilayah geografis. Contoh yang terkenal dari Amerika adalah Buying Power Index (Indek Daya Beli) yang diterbitkan dalam “Survey of Buying Power” (Survei Daya Beli)  tahunan oleh Sales dan Marketing Management. Tujuan dari indeks ini adalah memungkinkan para pemasar untuk membandingkan daya beli relatif dari daerah dan kota-kota di Amerika Serikat.
2.    Faktor Pasar
Faktor Pasar (market factor) adalah serupa dengan indikator pasar hanya faktor pasar cenderung memiliki korelasi yang tinggi dengan permintaan pasar untuk suatu produk tertentu. Jika seorang analis dari suatu pasar luar negeri tidak mempunyai faktor untuk pasar tersebut, ia biasanya dapat menggunakan salah satu faktor dari pasar domestik untuk memperoleh perkiraan yang mendekati. Lebih lanjut lagi, seorang analis yang bekerja untuk perusahaan multinasional mungkin dapat memperoleh faktor-faktor pasar yang dikembangkan oleh anak perusahaan yang sebanding. Agar dapat mentransfer hubungan ini ke negara yang sedang dikaji, analis tersebut harus mengasumsikan bahwa kondisi-kondisi dasar yang mempengaruhi permintaan adalah serupa didalam pasar tersebut.
3.    Analisis Tren
Analisis tren adalah teknik statistik dengan mana observasi berikutnya dari suatu variabel dengan interval waktu yang teratur dianalisis untuk memperoleh pola teratur yang digunakan untuk memprediksi nilai masa depan. Ketika tingkat pertumbuhan historis baik dari variabel-variabel ekonomi yang bersangkutan atau dari impor suatu produk diketahui, maka pertumbuhan masa depan yang diprediksi dengan menggunakan analisis tren (trend analysis). Suatu rangkaian waktu (time series) dapat disusun dengan cara yang serupa yaitu menggunakan model regresi, atau rata-rata aritmetik dari tingkat pertumbuhan masa lalu dapat diaplikasikan terhadap data historis.
4.    Analisis Kolompok dan Teknik-teknik Multivariasi Lainnya
Analisis kelompok adalah teknik statistik yang membagi objek ke dalam kelompok-kelompok sehingga objek dalam setiap kelompok adalah serupa. Ketika perusahaan multinasional melakukan ekspansi ke lebih banyak pasar, para manager diseluruh bidang fungsional mencari cara untuk mengelompokkan negara-negara dan wilayah-wilayah geografis berdasarkan karakteristik umum untuk menyederhanakan pengendaliannya.

| Supported? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar