Setelah posting sebelumnya menjelaskan tentang Analisis Pasar, sekarang ini akan dijelaskan urutan penyaringan tersebut dari mulai yang pertama, dan semoga bermanfaat.. :)
1.
Potensi
kebutuhan dasar
Penyaringan
awal berdasarkan potensi kebutuhan dasar adalah langkah pertama yang logis,
karena jika tidak ada kebutuhan, maka tidak ada satupun pengorbanan usaha dan
uang yang secara wajar akan memungkinkan perusahaan itu untuk memasarkan barang
dan jasanya. Sebagai contoh, potensi kebutuhan dasar dari barang-barang
tertentu tergantung pada berbagai kekuatan fisik, seperti iklim, topografi, dan
sumber daya alam. Jika perusahaan itu memproduksi alat pengukur suhu udara (air conditioner – AC), maka analis akan
mencari negara-negara yang memiliki iklim hangat. Para produsen dari traktor
pertanian besar tidak akan mempertimbangkan Swiss sebagai prospek yang
memungkinkan, karena daerahnya yang bergunung-gunung, dan hanya negara-negara
yang diketahui memiliki cadangan emas yang akan menjadi pelanggan potensial
bagi peralatan penambangan emas.
2.
Perdagangan
dan investasi luar negeri
Jika
sifat dari barang atau jasa itu sedemikian rupa sehingga potensi kebutuhan
dasarnya yang pasti tidak dapat ditetapkan dengan segera, maka para analis
dapat belajar dari Volume II International
Trade Statistics Yearbook yang diterbitkan oleh United Nation, mengenai negara-negara mana saja yang mengekspor dan
mengimpor produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan mereka beserta dengan
jumlah dolarnya. Lebih lanjut lagi, nilai dolar tahunan disediakan untuk jangka
waktu lima tahun terakhir, sehingga memungkinkan analisis untuk menetapkan tren
guna memproyeksikan nilai masa depan.
Para
analis yang ingin mengetahui kemana pesaing-pesaing Amerika mengekspor
produk-produknya dapat mengunjungi situs www.ita.doc.gov. Departemen Perdagangan AS juga memiliki laporan
U.S. Export of Marchandise (Ekspor
Barang Dagangan AS) di National Trade
Data Bank – NTDB (Bank Data Perdagangan Nasional), yang tersedia secara online dengan cara berlangganan.
Informasi ini sangat bermanfaat, karena
menyediakan informasi mengenai unit maupun nilai dolar, sehingga memungkinkan
analis menghitung harga rata-rata per unit yang diekspor. Karena diharuskan
oleh undang-undang untuk menerbitkan statistik perdagangan luar negeri, maka
Departemen Perdagangan menyusun dan menerbitkan statistik perdagangan luar
negeri secara bulanan dan komulatif pada laporannya yang berjudul U.S. International Trade in Goods and Services
(Perdagangan International AS untuk Barang dan Jasa).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar