Jangan terlalu lama berada dalam keadaan yang tidak membahagiakan. Beranikanlah diri mu untuk mengubah yang bisa kamu ubah sekarang.

Kamis, 06 September 2012

Sikap Manusia Dalam Menghadapi Pelanggaran HAM


Aku sering bising dan membebel kepada teman rapatku akan perbuatannya. Perbuatannya itu bukanlah satu kesalahan jenayah yang besar. Tapi bagi hati aku ia tetap salah. Waima sekecil kuman. Kerana dari kesalahan-kesalahan kecil maka timbulnya masalah besar.
Aku sering menegur dia membuang sampah merata-rata. Pada mulanya dia cuba menegakkan benang basah itu walaupun dia sendiri tahu yang perbuatannya itu memang salah. Apabila aku cuba menerangkan kepadanya bahawa dari perbuatannya itu, "jangan salahkan ribuan pendatang asing yang datang berhijrah ke negara ini." Lantas dia terdiam. Aku meneruskan lagi, “Kamu semua tak suka rakyat asing berada di negara kamu, tapi kamu sendiri yang mengundang kedatangan mereka?” Wajahnya kulihat semakin heran.
Dari cerita diatas dapat diambil kesimpulan bahwa ketika seseorang melihat individu lain yang kurang peka terhadap ma’na HAM, bahkan tidak memperdulikannya, maka seseorang tersebut akan berusaha untuk memeringatkannya karna dengan tidak pekannya individu lain dan kurangnya  memahami ma’na HAM, maka akan ada salah satu dari individu yang lain akan dirugikan bahkan bisa condong kemasyarakat disekitarnya.

| Supported? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar